TakaHow

Memperhalus Hasil Potongan dan Seleksi di Photoshop

memperhalus hasil potongan di photoshop

Selamat datang kembali di Takatik – Informasi Utak-atik!

Kalau kalian suka edit foto dengan Adobe Photoshop, misalkan mindahin kepala orang ke tempat yang disukai, pastinya harus dipotong/masking dulu. Bisa menggunakan quick selection tool atau lasso tool secara manual.

Tetapi, setelah dipotong/di-masking, ternyata hasil potongannya kasar/bergeronjal. Nah, di sesi kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat hasil potongan yang halus di Photoshop.

Biar nggak ribet tanpa harus kasih tahu lagi, saya akan berasumsi kalau kalian ada laptop, photoshop, dan ngerti dasar cara mengoperasikan komputer dan photoshop. Kita langsung aja, cekidot!

Buka gambar yang ingin dipotong

Saya menggunakan foto saya sewaktu di Lembang, dan mencoba menghilangkan backgroundnya. Jadi hasil akhirnya hanya ada saya dan background transparan.

foto ihya untuk dipotong secara halus di photoshop
Tampan dan berani – Squidward

Sudah siap dengan foto kalian? Yuk, kita mulai menseleksi foto.

Menseleksi foto dengan Quick Selection Tool

Di tutorial ini saya akan menggunakan Quick Selection Tool. Kalau kamu ingin menggunakan lasso tool juga gapapa kok.

Untuk mengaksesnya, cukup tekan tombol W di keyboard. Kelebihan dari tool ini adalah secara otomatis akan seleksi sesuai dengan bentuk gambar. Walaupun kadang tidak akurat, misal seleksinya kelewatan, kita bisa dengan mudah menghapus dan menyesuaikannya.

Untuk menghapus seleksi yang kelebihan/kelewatan, tekan alt dan klik di area yang diinginkan. Bentuk kursor akan berubah dari + menjadi . Begini contohnya:

Begini hasil cut saya. Nggak sempurna, memang. Seperti kolong ketiak saya belum diseleksi supaya bolong, atau rambut nggak terseleksi secara detil. Tapi gapapa. Karena kita hanya akan demonstrasi cara menghaluskan seleksi.

Select and Mask

Nah, di sini nih tempat kita menghaluskan seleksi gambar. Klik Select > Select and Mask atau kalau mau lebih cepat Ctrl + alt + R .

Nanti bakal muncul seperti ini.

tampilan select and mask di photoshop untuk memperhalus seleksi

Di kanan bawah ada 4 opsi. Mari kita kenalan satu per satu ya.

Smooth

Inilah dia! Hanya dengan ini sebenarnya sudah cukup untuk memperhalus seleksi gambar kalian. Cukup geser kekanan slidernya, atur sesukanya, halus deh.

menghaluskan seleksi gambar photoshop dengan smooth select and mask

Feather

Berbeda dengan smooth, feather berfungsi untuk memperhalus tepian masking, supaya perubahan dari dalam dan luar masking tidak gamblang perbedaannya.

Hati-hati ya, jangan terlalu ke kanan. Atau nanti seleksinya menjadi melebar, seperti yang didemonstrasikan gif di bawah ini.

menghaluskan seleksi gambar photoshop dengan feather select and mask

Contrast

Kebalikan dari smooth, contrast mempertajam ujung seleksi.

contoh photoshop select and mask contrast

Shift Edge

Ini berguna banget nih guys kalau seleksi kalian terlalu ke dalam/ke luar. Tinggal geser ke kanan atau ke kiri untuk melihatnya.

Sudah oke dengan pengaturan kalian? Klik Ok.

Masking/cut

Eits, belum selesai. Kalian belum masking atau cut seleksi yang sudah kalian perhalus. Sekarang tinggal kalian masking dengan menekan tombol Add Layer Mask di panel layers.

Ta-da! Begini hasilnya!

Ini perbandingan sebelum dan sesudah dihaluskan menggunakan teknik tadi.

Kelihatan kan perbedannya?

Penutup

Semoga tutorial tadi bermanfaat buat kalian yaaa! Ada yang bingung? Susah dimengerti? Monggo, jangan sungkan untuk berkomentar di bawah yaaa….

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Salam utak-atik!

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.