TakaHow

Cara Mengubah Ukuran Composition After Effects Beserta Layers di Dalamnya

1 Mins read
cara mengubah ukuran kompisisi after effects

Sekitar akhir bulan Mei, saya ditugaskan membuat sebuah video untuk sebuah akun Instagram terkenal. Setelah diberi bahan, selesai pengerjaannya, saya baru sadar – resolusi project yang saya buat sangatlah kecil, 640 x 360 pixel. Ketika saya ubah resolusi komposisi, layer-layer di dalamnya tidak ikut berubah. Sedangkan, mengubah satu per satu repotnya minta ampun.

Terus, gimana solusinya?

Nah, permasalahan tadi menjadi topik kita kali ini. Kita akan membahas cara mengubah ukuran After Effects composition beserta berlapis-lapis layer di dalamnya, dengan mudah dan cepat. Let’s get on to it!

after effects select project

Pertama, buka project After Effect kamu. Di bagian projectm klik komposisi yang ingin dirubah. Lalu klik “File > Script > Scale Composition “. Jendela baru akan terbuka.

After Effects Scale Composition

Di jendela baru ini ada 3 opsi. Pilih “New Comp Width” untuk mengatur lebar resolusi komposisi yang diinginkan. Jangan khawatir, tinggi resolusi akan menyesuaikan secara otomatis. Pada contoh kali ini, saya ingin mengubah ukuran komposisi saya yang awalnya 1280 x 720 pixels, menjadi 1920 x 1080 pixels. Begitu saya set lebar resolusi komposisi ke 1920, tinggi resolusinya otomatis menjadi 1080 (karena aspek rasio 16:9) . Jangan lupa klik “Scale“.

Voila! Secara otomatis komposisi beserta setiap layer yang berada di dalamnya berubah ukuran sesuai yang kamu minta.

Baca Juga: Tutorial After Effects: Menyembunyikan Teks dan Objek

NB: Kalau di dalam komposisi kamu ada layer “pre-comp”, kamu harus resize pre-comp tersebut dengan cara tadi. Pilih terlebih dahulu pre-comp yang kamu buat di layar project, lalu aplikasikan langkah-langkah yang sudah kita pelajari tadi.

Sementara itu dulu.

Ada pertanyaan? Kritik? Saran? Atau, komplain? Saya di sini pun masih belajar, jadi kalau ada kesalahan atau kekurangan, jangan sungkan-sungkan sampaikan, ya!

Sampai jumpa di tulisan berikutnya, di Takatik | Informasi Utak-atik!

27 posts

About author
+ Creative Designer at Click Five Studio +Freelance Graphic Artist & Designer, Video Editor & (Soon) Video Game Designer.
Articles
Related posts
TakaTekno

Memilih Frame Rate yang Tepat Untuk Video dan Film Pendek Kamu

Assalamu’alaikum, selamat datang kembali di Takatik – Informasi Utak-atik! Dalam membuat sebuah video, pasti butuh kamera. Dan di dalam kamera ada setting…
TakaHow

Edit Video di Premiere Pro, lalu DaVinci Resolve Dengan Mudah

Selamat datang di Takatik – Informasi utak-atik! Suka edit video? Kenal dengan Adobe Premiere Pro pastinya kan? Adobe Premiere Pro adalah salah…
TakaHow

Memperhalus Hasil Potongan dan Seleksi Foto di Photoshop

Di sesi TakaHow kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat hasil potongan yang halus di Photoshop menggunakan Select and Mask di Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.